AIR TERJUN SERATAK BERPOTENSI UNTUK DIKEMBANGKAN SEBAGAI JASA LINGKUNGAN

0
41

Jasa lingkungan didefinisikan sebagai jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka membantu memelihara dan/atau meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat dalam mewujudkan pengelolaan ekosistem secara berkelanjutan ( Sriyanto, 2007).

Terkait potensi jasa llingkungan di wilayah KPH Pulau Laut Sebuku, Penyuluh Kehutanan, Bakti Rimbawan dan beberapa masyarakat setempat melakukan identifikasi potensi dalam rangka rencana pengembangan jasa lingkungan air Terjun Seratak, tepatnya di Desa Teluk Masjid Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru. Air Terjun ini masuk dalam IUPHKm Gapoktan Hutan Harapan Bersama yang mana telah terbentuk KUPS Jasa Lingkungan yang disahkan Kepala Desa Teluk Masjid, dan Air Terjun ini juga masuk dalam Kawasan Hutan Lindung (HL) dengan koordinat 3°19’12″S, 116°14’31.7″E.Pemanfaatan Jasa Lingkungan pada kawasan hutan adalah bentuk usaha yang memanfaatkan potensi jasa lingkungan dengan baik tanpa merusak lingkungan dan mengurangi fungsi utamanya, kegiatannya dapat berupa usaha wisata alam, usaha olahraga tantangan, usaha pemanfaatan air, usaha perdagangan karbon ( Carbon trade ) atau usaha penyelamatan hutan dan lingkungan.

Sebelum menemukan Air Terjun yang sangat memanjakan mata, tim harus menempuh perjalanan cukup panjang dan mendaki beberapa bukit yang curam, jarak yang ditempuh menuju air terjun 15 menit menggunakan sepeda motor dan berjalan kaki 3 jam dari Balai Desa Teluk Masjid. Bukan hanya itu yang kita dapat, mata kita juga dimanjakan dengan beberapa jenis spesies pohon hampir punah yang tumbuh alami dengan diameter yang sangat besar yaitu jenis Meranti, bukan hanya mata kita saja yang dimanjakan lidah kita juga dimanjakan dengan berbagai macam jenis buah-buahan terutama buah durian yang banyak tersebar disekitar air terjun tersebut. (Ida Yuliati)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here