Akhir Tahun, Forest City Menggebrak Banua

0
9

BANJARBARU – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor me-launching program Forest City di pusat perkantoran Pemerintah Provinsi Kalsel, Jumat (6/) pagi.

Peluncuran program baru yang diinisiasi Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq ini ditandai dengan penanaman serentak para pejabat dan ASN di lingkungan Pemprov Kalsel. Acara ini juga dihadiri Dirjen PSKL KLHK, Bambang Supriyanto dan rombongan, para mahasiswa, serta stakeholder lain.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin mengatakan, pemerintah provinai serius mengembalikan fungsi hutan dan keseimbangan lingkungan. “Caranya dengan menanam sebanyak-banyaknya pohon dan merawatnya dengan baik,” tandasnya.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menumbuhkan rasa memiliki banua. Salah satunya dengan mendukung Forest City. Program pembangunan kota yang berdimensi hutan.

Kadis Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq menjelaskan Konsep perkantoran pemprov nantinya mengusung Forest City (kota hutan).

“Kita akan mengolaborasikan konsep kota modern, smart, beautiful, and sustainable dengan kekayaan hutan tropis,” katnya.

Konsep tersebut cukup sederhana. Pemprov hanya memaksimalkan potensi ruang tanpa mengganggu lingkungan. “Penerapannya memanfaatkan kawasan perkantoran hingga terbangun ruang terbuka hijau minimal 50 persen dari total luas,” papar Hanif.

Area yang meliputi gedung perkantoran dan ruang terbuka hijau, nantinya akan terintegrasi dengan bentang alam yang ada.

Selanjutnya, ia dan jajaran, termasuk UPTD BPTH, fokus pada pembukaan lahan di kawasan perkantoran setdaprov seluas 80 hektare. Tujuannya penanaman kembali dengan tanaman fast growing jenis sengon, mahoni dan jabon.

“Saat ini land clearing telah dilakukan di Blok A Forest City seluas 8 hektare dan di Blok B seluas 4,2 hektare,” tutur Hanif.

Konsep program ini memang relevan untuk kepentingan konservasi lingkungan. Namun, tetap saja dukungan dari seluruh elemen masyarakat menjadi kunci keberhasilan. (bpth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here