AREAL TANAMAN KAKAO DIPANTAU

0
12

MARTAPURA – Seksi Pemanfaatan Hutan KPH Kayu Tangi bersama tim telah melakukan pemeriksaan tanaman kakao pada Gapoktan Kakao di dua desa di Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banjar, Belimbing Baru dan Belimbing, Senin (22/7) tadi.

Penanaman kakao merupakan kerja sama kemitraan antara Gapoktan Kakao dengan HRB, yang difasilitasi KPH Kayu Tangi dan Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan. Sedangkan tanaman kakao merupakan bantuan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banjar tahun 2018.

Secara keseluruhan, kakao ditanam di areal 100 hektare. Di Belimbing Baru 50 hektare, Belimbing Lama 50 hektare. Penanaman sendiri dilakukan sejak bulan November – Desember 2018, dan sebagian pada Januari 2019.

Saat dilakukan pemeriksaan, tinggi tanaman bervariasi.
Persentase hidup kurang lebih sekitar 90 persen. Sampai saat ini belum dilakukan pemeliharaan, kecuali ada sebagian yang dilakukan secara swadaya oleh kelompok tani hutan.

Mereka mengharapkan ada bimbingan cara budidaya dan pemanfaatan jika nanti menghasilkan.

“Mereka menyarankan agar di sela tanaman atau di jalur terluar untuk ditanami sengon. Mereka juga siap menanam jika masuk musim nanti,” kata Hidayaturrahman, Kepala Seksi Pemanfaatan KPH Kayu Tangi. (ade/kphkayutangi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here