AREN POHON MULTIGUNA SERIBU MANFAAT YANG MULAI HILANG

0
78

AREN (Arenga pinnata Merr.) Merupakan Tumbuhan Multiguna yang Semua bagiannya dari akar hingga buahnya dapat memberikan manfaat yang beragam bagi kehidupan manusia, namun satu hal yang perlu diperhatikan ialah kelestariannya, dimana tanaman ini kurang mendapat perhatian untuk dikembangkan atau di budidayakan secara sunguh-sungguh oleh berbagai pihak. Keberadaan dan kelangsungan hidup para binatang seperti burung, tupai dan musanglah yang membuat pohon aren ini masih ada di beberapa tempat Khususnya di kawasan hutan, Sebagian besar Populasinya masih merupakan tumbuhan liar yang hidup subur dan tersebar secara alami.

Pohon Aren dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 500mdpl-800mdpl, Pohon ini tidak membutuhkan tanah yang terlalu subur dapat hidup di semua kondisi tanah (tanah liat, tanah berkapur dan tanah berpasir), dengan curah hujan yang ideal sekitar 1200mm/tahun, kedalaman air 1-3 m, suhu rata-rata 25°C beriklim sedang sampai basah tetapi tidak tahan pada daerah yang kadar asam nya tinggi. Karena itu umum nya Pohon aren bisa tumbuh hampir di setiap daerah khusus nya di Indonesia.

Fungsi Istimewa Pohon Aren Secara Ekologis adalah sebagai pengawet Sumber Daya Alam Terutama Tanah, Akar Serabut pohon aren sangat kokoh, dalam dan tersebar sehingga memiliki fungsi penting bagi penahan erosi tanah. Selain itu, akar aren juga memiliki kemampuan mengikat air, sehingga pohon aren bisa ditanam di daerah yang relative kering dan tidak perlu perawatan intensif. Ini juga membantu kelestarian lingkungan hidup Terutama untuk penghijauan pada daerah lereng pegunungan dan Sungai-Sungai (NIA HADIYATI Manfaat Pohon Aren)

Secara Ekonomi  pohon Aren Berfungsi sebagai Sumber Pendapatan Bagi Sebagian Masyarakat dimana Semua bagian Pohon Aren bermanfaat dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik bagian fisik (Daun, Batang, Ijuk, akar, dll) maupun bagian Produksinya (Buah, Nira dan Pati/Tepung), Khusus Untuk hasil Produksi aren semuanya dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi. Hasil Produksi Aren  Sebagai Berikut :

A. BUAH

Buah Aren Beruapa Buah Buni yaitu buah yang berair tanpa dinding dalam yang keras atau biasa kita sebut dengan Kolang Kaling, Dari Segi Komposisi Kimia, Kolang Kaling Memiliki Nilai Gizi Yang Sangat Rendah, tetapi memiliki memiliki serat yang baik untuk kesehatan. Kolang Kaling banyak digunakan sebagai bahan Campuran Beraneka Jenis Makanan dan Minuman

 

B. NIRA

Nira Merupakan Hasil sadapan dari tandan Bunga Jantan Pohon Aren.  Dalam keadaan Segar Nira aren berasa Manis, Berbau Khas Nira dan Tidak berwarna. Nira aren mengandung beberapa zat gizi antara lain, Karbohidrat, protein, lemak dan mineral. Produk-produk Nira dapat digolongkan dalam dua kelompok yaitu yang tidak mengalami fermentasi dan yang mengalami Proses Permentasi.

Untuk Yang tidak mengalami fermentasi  biasa nira aren segar dapat langsung diminum dan dijadikan sebagai bahan baku pengolahan Gula Aren Sedangkan yang mengalami permentasi biasa digunakan untuk Pembuatan Cuka, etanol, Nata Pinata, dan minuman beralkohol .

C. TEPUNG

Batang Aren Terdiri dari dua bagian yaitu BAgian Luar (Ferifer) yang berwarna Hitam dan keras serta bagian sentral (empulur) yang berwarna putih dan Lunak, Tepung (pati) di peroleh dari ekstrasi bagian sentral batang setelah Pohon tidak lagi produktif menghasilkan nira,  Didalam Pemasaran Tepung Aren dikenal dengan nama “ Hun Kwe “  dan tepung meizena , dimana tepung-tepung ini mengandung Lebih dari 85 %Tepung Aren dan banyak di gunakan sebagai bahan makanan.

Sayangnya Semakin hari Pohon aren semakin jarang di temui di karenakan tidak adanya pembudidayaan tanaman aren, dimana selama ini pembudidayaan masih secara alami  dan minat masyarakat untuk membudidayakan pohon aren sangat rendah, sehingga perlu dukungan pemerintah dalam pembudidayaan dan menjadi cara yang efektif untuk kelangsungan hidup pohon seribu manfaat ini. (RR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here