BANJARBARU – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan membagikan 1000 pohon ulin ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalsel. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Hanif Faisol Nurofiq mengatakan, pembagian pohon tersebut dalam rangka memperingati Hari Bumi di Kalimantan Selatan, Rabu (22/4).

Setiap SKPD mendapat 20 pohon ulin dan akan ditanam di halaman kantor masing-masing. Disampaikan Hanif, pembagian pohon endemik Kalimantan Selatan ini merupakan upaya Pemprov Kalsel untuk melestarikan keberadaan pohon ulin.

“Pohon ini sudah susah kita temui, kecuali kita berada di sekitar hutan. Tadi pagi sudah kita serahkan secara simbolis kepada SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel,” ucap Hanif.

Sejalan dengan program revolusi hijau yang senantiasa digaungkan Gubernur Kalsel Paman Birin, Dishut Kalsel tak henti-hentinya menyuarakan program menanam demi anak cucu ke depan.

Selain untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup, pembagian bibit Ulin juga bertujuan melestarikan Ulin agar tak punah ditelan zaman. Mengingat, tanaman Ulin merupakan tumbuhan endemik di Banua.

“Ini tumbuhan endemik di Kalsel dan pohon ini juga susah ditemukan,  jadi ini sangat penting untuk kita lestarikan secara bersama,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here