PELAIHARI – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor diwakili Asisten III Pemprov Kalsel  ikuti penyadapan karet perdana di  Kabupaten Tanah Laut, Jumat (8/11).  Sadap karet ini dilaksanakan KTH  Ingin Maju dan Suka Maju di Desa Tebing Siring Kecamatan Bajuin.

Acara ini juga dihadiri  Kepala Dinas Kehutanan Kalsel,  Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan,  Dekan Fakultas Kehutanan ULM dan Dinas Lingkungan Hidup Tanah Laut.

Gubernur Kalimantan Selatan mengapresiasi kegiatan ini dan bersinergi dalam membangun dan melestarikan alam.

“Revolusi Hijau harus terus digelorakan di seluruh Kalsel, seperti di Desa Tebing Siring ini. Dari awal pembangunan berupa gunung bersemak belukar, kini menjadi kebun karet siap panen,” katanya saat sambutan.

Diharapkan, lanjut dia,  pertumbuhan ekonomi yang dirasakan oleh anggota KTH Ingin Maju dan Suka Maju bisa meningkat signifikan.

“Bantuan-bantuan yang datang,  baik dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  serta  Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk menyejahterakan masyarakat sudah siap untuk dikelola sehingga Kelompok Usaha Perhutanan Sosial di KTH ini sudah berjalan dengan baik,” lanjutnya.

KTH Ingin Maju dan Suka Maju ini  sudah bekerja sama dengan PT  Bridgestone. Sehingga pemasaran getah karet sudah ada arah yang sangat jelas.

Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq  berharap Fakultas Kehutanan ULM bisa melaksanakan kegiatan seperti ini di beberapa kawasan hutan yang memang butuh bimbingan. Sehingga ada sinergisitas antara instansi terkait pemerintahan dan perguruan tinggi. (wild/kphtala)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here