KAYA DENGAN MENANAM SENGON, BPTH SIAP SUMBANG BIBIT

0
44

Saat ini Persemaian Permanen telah memproduksi bibit jenis sengon Solomon dan sengon Wamena sebanyak 1,5 juta bibit. Dari jumlah tersebut, bibit yang siap tanam sebanyak ± 100.000 bibit dan siap salur. Salah satu perhelatan akbar sekaligus pembagian ribuan bibit sengon telah dilaksanakan, yaitu pendeklarasian Taman Bumi (Geopark) Meratus, berlokasi di Kiram Park, Minggu (24/2/2019) sore lalu. Dalam deklarasinya, hadir ribuan masyarakat dari berbagai kalangan.

Dalam acara tersebut, Dishut Prov. Kalsel melalui BPTH sumbang 25.000 bibit yang dibagikan gratis kepada warga yang hadir di acara itu. Dihadiri oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Slank dan Inka Christie mendeklarasikan Pegunungan Meratus menjadi Geopark Nasional. Disela acara, Paman Birin sapaannya berujar Pemprov Kalsel siap bantu ekonomi masyarakat dengan menanam sengon. “Tanam 500 pohon selama 5 tahun akan dapat keuntungan 160 juta rupiah”, tandas Paman Birin dalam himbauannya.

Ditempat yang sama, Manager Persemaian, Paidil, S.Hut menjelaskan bahwa asumsi tersebut didasarkan jika menanam seluas 1 Ha dengan jarak tanam 3 x 3 meter, tertanam 1.000 bibit. “Anggap saja 500 pohon yang hidup setelah penjarangan, didapat ± 200 m3, jika harga per kubik kayu 800 ribu, maka keuntungan yang didapat masyarakat sebesar 160 juta selama 5 tahun itu”, terangnya menambahkan.

“Kita juga sedang gencar-gencarnya bagi bibit ke KTH (Kelompok Tani Hutan.red) melalui KPH, sampai hari ini telah terbagi sebanyak ± 48.875 bibit untuk ditanam dimasing-masing lokasi KTH”, ujarnya lagi. Paidil juga mengatakan bahwa bibit-bibit tersebut dibagikan gratis ke masyarakat.

“Bila ada masyarakat yang membutuhkan dapat langsung mendatangi persemaian kita di areal MH2T kawasan perkantoran Setda Prov, tentunya dengan melampiri surat permohonan dan mengisi blanko yang telah disediakan untuk tertib administrasi”, pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here