BATULICIN  – Aparat kepolisian menemukan bekantan betina di jalan poros 30, yang tertabrak warga sedang melintas di kawasan itu, Kamis (26/9). Lokasi temuan itu, tak jauh dari tempat pelepasliaran bekantan yang terjebak jaring warga, Senin (23/9).

Bekantan tersebut mengalami luka pada bagian dada sebelah kiri.  Tidak menunggu waktu lama,  anggota Polres Tanah Bumbu  langsung membawa primata ini ke Balai Karantina ASDP Batulicin untuk diberikan pengobatan dan perawatan.

Di Balai Karantina, bekantan tersebut mendapatkan P3K dari dokter hewan dengan memberikan suntikan antibiotik khusus hewan,  agar lukanya tidak infeksi. 

Setelah berkoordinasi dengan Seksi Konservasi Wilayah III Batulicin, melihat perkembangan kesehatan Bekantan yang sudah membaik, BKSDA dan Balai Karantina berkoordinasi dengan KPH Kusan melakukan pelepasliaran di Pulau Suwangi, Jumat (27/9).  Tempat ini merupakan habitat alam  bekantan.

“Semoga saja bekantan betina yang dilepasliarkan lukanya tidak infeksi dan bisa bertemu bekantan jantan yang kita lepaskan pekan lalu, ” kata Syafriani, Kepala KPH Kusan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here