KHDTK JADI SASARAN PEMBUKAAN LAHAN

0
12

MARTAPURA – Identifikasi dan peninjauan pembukaan lahan baru sebagai ladang oleh masyarakat dalam wilayah KHDTK (Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus), dilakukan bersama-sama oleh Polhut KPH Kayu Tangi dan pihak pengamanan wilayah KHDTK Riam Kiwa di Dusun Sukaramai, Desa Lobang Baru, Selasa (16/7).

Saat menuju ke lokasi didapat informasi dari Marsuni, pihak pengamanan wilayah KHDTK bahwa ada masyarakat yang tidak mau mengikuti program pembinaan ini. “Warga melakukan pembukaan lahan sendiri,” ungkapnya.

Diperkirakan ada provokasi oleh oknum penduduk setempat, maka sebagian masyarakat menganggap lahan tersebut adalah milik nenek moyangnya. Selain itu dikarenakan adanya isu TORA yang membuat masyarakat membuka lahan tanpa mengindahkan fungsi kawasan.

Adapun potensi kayu di lahan yang dibuka berpotensi kayu jenis Alaban dan Akasia. Masyarakat membuka lahan dengan cara menebang pohon dan membakarnya bersama rumput belukar sekitar.

Dari informasi, untuk kebakaran lahan terkendali dikarenakan masyarakat saat melakukan dijaga secara berkelompok. Dan rencana mereka, setelah pembukaan akan ditanami padi, kemudian dilanjutkan dengan karet.

Suwarna, Polhut KPH Kayu Tangi melakukan peninjauan dan menyosialisasikan agar masyarakat tidak membakar kembali lahan tersebut. Dia menyarankan agar warga bekerja sama dengan Balai Litbang untuk mendapatkan sosialisasi dan binaan lebih lanjut dalam menata dan mengelola wilayah KHDTK. Supaya kelestarian alam terjaga.(ade/kphkayutangi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here