KRPH SUNGAI LUAR BERGERAK

0
17

Gunung batu yang terletak di sungai luar merupakan Dusun dari Desa Tiwingan Baru Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar dan merupakan tempat berdirinya kantor Resort Pengelolaan Hutan atau yang lebih di kenal dengan RPH.

RPH Sungai Luar mempunyai luas wilayah kerja dengan luasan 54.000 ha terdiri dari 2 kecamatan yaitu Kecamatan Karang Intan dan Aranio, hari ini jumat (12/04) Kepala RPH Sungai Luar Markus Liling,S.Hut.MP saat kami dari media Tahura bersilaturahmi ke Kantor RPH menceritakan bahwa pada pagi hari ini akan mengikuti gerakan perang sampah di Pulau Rusa bersama Tahura Sultan Adam dan siangnya nanti akan ada 2 agenda lagi kata Markus.

 

Menurut pantauan kami dilokasi Pulau Rusa dari jam 08:00 wita dimulai perang sampah dengan sasaran plastik dan ranting ranting pohon yang lapuk, untuk sampah plastik terkumpul hampir 10 kantong plastik dan untuk ranting pohon dikumpulkan pada salah satu tempat.

Dalam perang sampah hari ini juga turut serta kepala Tahura Sultan Adam beserta staf dan Kabid PKSDAE juga bersama beberapa staf dan, Kepala Tahura SA mengatakan kegiatan perang sampah ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pelepas liaran Rusa Tutul yang dalam waktu dekat akan di lepas oleh Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor, untuk menjaga kebersihan, kesehatan dan keselamatan Rusa Tutul maka area habituasi ini harus bersih dari plastik dan bekas ranting ujar Rahmad.

Selanjutnya kami terus mengikuti kegiatan KRPH Sungai Luar yakni mengundang warga Sungai Luar dan Kelompok Tani Hutan untuk mengadakan acara sosialaisasi Revolusi Hijau, Perhutanan Sosial dan karhutla, sebelum acara sosialisasi dimulai dari peserta menyempatkan untuk berdoa bersama dengan kemanjatkan puji syukur atas selesainya pembangunan Kantor RPH.

Dalam sambutannya KRPH meminta partisipasi masyarakat dan Kelompok Tani Hutan untuk turut serta dalam gerakaln revolusi hijau, perhutanan sosial yang juga merupakan program pemerintah, selain itu juga menghimbau agar masyarakat tidak membakar hutan dan waspada terhadap karhutla mengingat sudah mendekati musim kemarau tegas Markus.

Koordinator Penyuluh Kehutanan dalam materinya menyampaikan kepada Kelompok Tani Hutan untuk segera melengkapi data-datanya, baik permohonan bantuan bibit buah buahan maupun data luasan lahan garapan yang termasuk dalam kawasan Konservasi (Tahura SA) sesuai aturan yang sudah di tetapkan ujar Khairullah, S.Hut.

Dalam acara sosialisasi juga di hadiri oleh Penyuluh kehutanan dengan mengajak kepada KTH untuk selalu berkoordinasi apabila ada usulan atau permasalahan di lapangan ujar Haryuni,S.Hut, selanjutnya dari TKPH juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat sungai luar untuk selalu menjaga dan melaporkan secepatnya apabila ada terjadi kebakaran hutan dan lahan disini kata Syifa.

Setelah selesai sosialisasi warga sungai luar dengan penuh semangat bergerak membersihkan lingkungan Kantor KRPH seperti yang di ungkapkan salah seorang warga bahwa kami sangat bangga dilingkungan kami berdiri kantor RPH ini dan kami siap untuk mendukung segala program pemerintah baik itu bidang kehutanan maupun program pemerintah di bidang lainnya ujar H. Yanto yang di sambut tepuk tangan peserta lainnya. (Zani/THR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here