KTH ALIMPUNG BERHASIL DALAM PEMBIBITAN ULIN

0
95

Alimpung merupakan bagian dari desa Tiwingan Lama Kec. Aranio yang terletak sebelah selatan dari Bukit Matang Keladan, menurut tokoh masyarakat Tiwingan Lama bahwa Alimpung artinya kumpulan orang orang yang berilmu, dan dusun alimpung ini mempungai tanah yang subur terbukti dalam 4 tahun terakhir yang dulunya hamparan alang-alang tapi sekarang terlihat hijau dari tanaman karet.

Koordinator  Penyuluh Tahura Sultan Adam bersama Penyuluh Kehutanan bersama Tim Media  Tahura SA mengunjungi KTH Alimpung, dalam kunjungan yang di dampingi oleh Pelaksana Rehab DAS (PT Tunas Inti Abadi ), Ketua KTH dan anggota KTH Alimpung  dengan mengunjungi persemaian Ulin.Ketua KTH Alimpung menjelaskan bahwa banyak unit-unit usaha yang saat ini kami lakukan dilokasi Rehab DAS yang luasnya 1.307 Ha ini, dan sekarang ada 100 ha yang sedang kami kelola mulai dari persemaian bermacam jenis tanaman, budidaya kelulut, pengembangan serai wangi sampai pada peternakan kambing dan burung dara kata Rahmani.

Saat kami tanya Penanggung Jawab Persemaian (Devisi pemuliaan) tentang adanya bibit  jenis ulin di persemaian mengatakan bahwa kami mengambil biji ulin dari desa tetangga yaitu Desa Kalaan dan sekarang sudah berhasil menyemai dan dipindah ke dalam polybag yang jumlahnya 6.000 batang dengan ketinggian sekitar kurang lebih 30 cm kata Samhudi.

Samhudi panggilan akrab penanggung jawab persemaian juga mengatakan sekarang kami sangat menjaga indukan ulin yang ada di hutan kalaan tersebut, yang dulunya pohon ulin ditebang tapi  sekarang kami jaga dan  kami  ambil bijinya saja.

Ditanya apa harapan atas keberhasilannya dalam mengembangkan ulin ini Samhudi berharap kepada Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan dan Tahura Sultan Adam dapat mempromosikan bibit ulin di pembibitan kami, dan ditanya harga bibit ulin Samhudi buka harga Rp. 25.000/batang di lokasi kami kata Samhudi berpromosi.Senada dengan penanggung jawab persemaian, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Tahura  Tiwingan Amanah yang juga Pelaksana Rehab DAS PT Tiwingan Amanah berharap ribuan bibit ulin yang ada di KTH Alimpung ini dapat di promosikan baik oleh Tahura SA maupun Dinas Kehutanan Prov Kalimantan Selatan, dan Kami mengucapkan terima kasih kepada Petugas Penyuluh Kehutanan yang selalu membina kami sehingga KTH Alimpung dapat berhasil dalam pengembangan ulin dan nantinya  bisa bersaing dengan KTH yang ada di Kalimantan Selatan Ujar Ahmad Yani bangga.

Koordinator penyuluh Kehutanan Tahura SA mengatakan pihaknya bersama teman teman penyuluh akan terus bersinergi dalam membangun KTH Alimpung dan keberhasilan ini merupakan kebanggaan bagi kami mengingat saat ini pohon ulin sangat langgka ujar Khairullah,S.Hut.

Kepala Tahura SA saat di konfirmasi tentang adanya persemaian Ulin di wilayah nya mengatakan bangga terhadap KTH Alimpung atas keberhasilannya dalam pembibitan Ulin dan berharap KTH Alimpung agar terus berinovasi dan bersaing dengan KTH yang lain agar nantinya memberikan efek kesejahteraan terhadap  anggotanya dan selanjutnya.

Diharapkan kedepannya semua pohon besar akan di jadikan pohon induk yang bisa menghasilkan benih yang berkualitas dan meminta agar pohon2 besar tersebut di jaga dan di rawat, serta kalo perlu di buatkan kandang sederhana untuk pengamanan terhadap benih atau anakan pohon yang ada d sekitar pohon tersebut Kata Rahmad Riansyah.S.Hut.MP. (Zani/Thr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here