BANJARBARU – Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar memiliki Kelompok Tani Hutan (KTH)  dan memiliki keindahan panorama pegunungan dengan pemandangan pulau pulau yang ada di waduk Riam Kanan. Sabtu (24/8),  Tim Media Tahura Sultan Adam berkunjung ke KTH Alimpung dengan tujuan mengetahui apa saja potensi yang ada sana.

Ketua KTH Alimpung, Rahmani mengatakan selain pemandangan yang elok,  ada beberapa unit usaha yang sedang dilakukan oleh anggotanya. Diantaranya budidaya madu kelulut, peternakan ayam kampung unggul Balitbang, burung dara, peternakan kambing jenis Etawa yang diambil susunya, juga persemaian jenis kayu ulin dan bibit lainnya.

“Untuk kambing saat ini sudah bisa diambil susunya, namun kami belum menjualnya. Ke depannya pengunjung bisa memerah susu kambing dan meminumnya langsung,” ujarnya seraya menambahkan untuk  budidaya madu kelulut saat ini sudah mulai dipasarkan.

Samhudi,  warga yang mengelola unit persemaian ulin pada KTH Alimpung mengatakan,  saat ini ada ribuan bibit dengan ketinggian bibit 30 cm dan dijual seharga 25.000 per batang.  Ditanya darimana memperoleh biji ulin,  Samhudi mengatakan bahwa biji ulin tersebut dibeli di desa Kalaan.

Kepala Tahura Sultan Adam, Rahmad Riansyah saat dihubungi via telepon selulernya mengatakan sangat mengaprisiasi dengan semangat serta inovasi Ketua KTH Alimpung dan anggotanya dalam bersaing dengan KTH lain. “Terus berinovasi agar tujuan sebagai agrowisata andalan Kalimantan Selatan dapat terwujud,” ujarnya. (zani/THR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here