Kepala bidang Pemberdayaan Masyarakat, Penyuluhan dan Perhutanan Sosial (PMPPS) Dishut Prov Kalsel, I Gede Arya Subhakti.S.Hut.MP dalam kunjungan kerja nya ke wilayah kerja KPH Cantung, berkesempatan melakukan monitoring kegiatan pengembangan HHBK lebah madu trigona di desa Hampang RPH Hampang (10/4). Didampingi oleh Kepala RPH Hampang Bapak Jamal, S.Hut dan Penyuluh Kehutanan Pendamping Pahlim,S.Hut, bertemu dengan KTH Hauran Lestari dan KTH Libaru Balanai di desa Hampang.

Kedua KTH ini merupakan KTH yang menerima Hibah bantuan stup trigona sebanyak 200 stup lebah trigona. Lebih lanjut kedua KTH tersebut sudah melakukan panen perdana sebanyak hampir 50 liter madu, panen ini belum dilakukan pada semua stup madu yang dihibahkan.

Pada kesempatan tersebut, sesuai arahan Kepala Dinas Kehutanan DR.Hanif Faisol Nurofiq.S.Hut.MP, Kabid PMPPS menyampaikan bahawa pengembangan HHBK madu kelulut harus menjadi unggulan yang bisa memiliki nilai ekonomis yang kompetitif sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Disamping itu dalam pengembangan budidaya lebah trigona, harus lah menggunakan prinsip ramah lingkungan dengan tidak menebang pohon yang ada koloni trigonanya.

Dari segi kelembagaan, KTH ini sudah memiliki administrasi yang lengkap seperti buku tamu, AD/ART, buku anggota, buku kas, buku kegiatan serta buku inventaris batang. Untuk segi administrasi, kepala bidang menyarankan agar dibuat lagi satu buku yaitu buku produksi yang mencatat segala produksi madu yang dihasilkan.

Dalam kesempatan terakhir, kabid PMPPS berharap agar kualitas produk madu hasil budidaya segera ditingkatkan dengan cara melakukan sertifikasi dan uji lab, yang pembiayaannya sudah dianggarkan di KPH Cantung. Sedangkan untuk pengaturan hasil penjualan agar AD/ART yang dibuat dijalankan dan dibukukan dalam buku KAS kelompok sebagai bentuk transparansi pengelolaan. (SF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here