KUNJUNGAN KERJA DINAS KEHUTANAN PROV. KALSEL KE DESA HARATAI

0
49

Dinas Kehutanan Prov. Kalsel yang diwakili oleh Kabid PMPPS, Kabid PDASRHL, Kabid PKSDAE, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kasi Penyuluhan melakukan kunjungan kerja ke Desa Haratai RT. 01, hari Minggu, tanggal 10 Februari 2019.  Bertempat di Balai Adat Haratai, dilakukan silaturahmi sekaligus dengar pendapat mengenai Persiapan Kunjungan  Delegasi Eropa Utara  dan Pembangunan Desa Wisata Haratai.  Turut hadir pula Kadis Pariwisata Prov. Kalsel dan Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Hulu Sungai Selatan.

Dalam rangka Rencana Kunjungan Delegasi Eropa Utara ke Kalimantan Selatan dan Pengembangan Desa Wisata, Kabid PMPPS Dishut Prov. Kalsel meminta dukungan kepada warga untuk mengembangkan seluruh spot wisata di Desa Haratai, dengan cara mendatangkan konsultan untuk mendesain tampilan Desa Wisata Haratai, yang akan bekerja bersama dengan warga sehingga hasilnya berupa Dokumen Desain Paket Wisata Desa Wisata Haratai. Beliau juga berpesan untuk tetap menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan, keramahan serta keterbukaan warga terhadap wisatawan sehingga memberikan kesan positif sebagai salah satu bentuk promosi paket wisata.Pemerintah Daerah Kab. HSS melalui Kadis Pemuda, Olahraga dan Pariwisata menyampaikan dukungannya karena sejalan dengan kesepakatan dengan Dinas Kehutanan Prov. Kalsel untuk mengembangkan paket destinasi wisata di Desa Haratai yang nantinya akan disandingkan dengan wisata yang sudah dikenal yaitu Balanting Paring ( Bamboo Rafting ).  Bentuk dukungan yang lain juga berupa  penguatan kompetensi Pokdarwis di Kecamatan Loksado serta pengembangan atraksi budaya di setiap Balai Adat yang dilakukan pada saat festival budaya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Prov. Kalsel mengingatkan bahwa potensi wisata di Kec. Loksado besar dan harus dikembangkan, dan dari sektor pariwisata harus bisa meningkatkan kualitas hidup warga.  Oleh karenanya diperlukan dukungan dari semua pihak, termasuk dari warga setempat, namun ketika Desa Wisata Haratai sudah mulai dikenal dan berkembang maju, masyarakat desa diharapkan untuk tetap mempertahankan adat istiadat budaya yang ada sebagai bentuk kearifan lokal karena ini yang menjadi dasar dibentuknya Desa Wisata Haratai.Aparat desa, tokoh masyarakat dan warga menyambut baik kegiatan ini.  Mereka memberikan masukan dan meminta bantuan serta dukungan kepada perwakilan pemerintah yang hadir untuk bisa disampaikan pula kepada pihak – pihak terkait lainnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here