MANDIN MINANGA, KEINDAHAN YANG TERSEMBUNYI DI ALAM TAHURA

0
131

Tahura Sultan Adam ternyata masih banyak menyimpan spot spot wisata yang masih belum banyak diketahui para pecinta wisata alam. Seperti yang jurnalis lihat langsung bersama tim Tahura SA Dinas Kehutanan, hari ini Rabu (23/01) kami di dampingi Ketua Pokdarwis sekaligus perwakilan KTH Jasling Minanga Permai Desa Rantau Balai kec. Aranio, kami di ajak berjalan-jalan ke Mandin Minanga.

Mandin Minanga ini letaknya tidak lah terlalu jauh dari Desa Rantau Balai yang berjarak kurang lebih 2 km. Hanya menghabis kan waktu 1,5 jam, dengan kontur jalan yang tidak terlalu curam dan tidak terlalu banyak menguras tenaga kita sudah dapat menikmati Mandin Minanga.

Ketua Pokdarwis mengatakan Mandin Minanga ini merupakan salah satu spot dari beberapa objek yang ada di gunung Pahiyangan seperti Puncak Pahiyangan, Sungai Karuh, Riam Hain dan Riam Lima. Konon katanya gunug Pahiyangan ini adalah sumber mata air yang letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjar dan Tanah Bumbu kata  Ahmad Dauli.

Dalam perjalanan kami juga diberikan informasi nama serta penjelasan tempat yang kami singgahi selama perjalanan, seperti  pemanggahan, batu garam dan sungai jelapat .

Saat ditanya ramainya kunjungan, ketua Pokdarwis mengatakan setiap minggunya jumlah pengunjung yang mendatangi lokasi ini sekitar 50 orang dan bahkan lebih katanya, itu pun promosi hanya mengandalkan informasi melalui mulut ke mulut saja ujar Dauli.

Dari perbincangan kami selama perjalanan, Ketua Pokdarwis atas nama anggota kelompok mengharapkan Kepada Dinas Kehutanan Prov Kal Sel dan Tahura SA agar dapat mempromosikan serta menginformasikan melalui media sosial dan yang paling utama beliau berharap bisa dibantu membangunkan beberapa fasilitas seperti shelter  pada setiap persinggahan  dan jembatan gantung karena sementara ini pengunjung hanya menggunakan rakit untuk menyeberangi sungai kata Dauli.

Senada dengan yang disampaikan ketua pokdarwis, Sekretaris Desa Rantau Balai juga berharap agar semua pihak bisa membantu mempromosikan dan memberikan support terhadap Pokdarwis dan KTH-KTH  yang ada di Desa Rantau Balai ini kata Syahrianor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here