BANJARBARU – Menteri Pariwisata, Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan, Senin (12/8). Salah satu obyek kunjungan adalah Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T) di kawasan perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Jalan Abdi Praja Banjarbaru.

Di MH2T, ia berkesempatan melakukan penanaman pohon jenis ulin (Eusideroxylon zwageri). Saat prosesi penanaman, Kepala Dinas Kehutanan, Hanif Faisol Nurofiq menjelaskan ikhwal terkait pohon ulin sebagai tumbuhan  endemik Kalimantan. Pohon yang dikenal juga dengan sebutan kayu besi ini bisa berumur hingga ratusan tahun.

“Saat ini Pemprov Kalsel gencar melakukan konservasi exsitu, salah satunya dengan menanam jenis ulin di MH2T untuk menjaga kelestariannya,” kata Hanif.

Arief menanam tak sendirian.  Di samping Hanif turut pula mendampingi Sekretaris Daerah Kalsel, Abdul Haris Makkie beserta jajaran kepala SKPD

Tak kurang,  Abdul Haris turut mengenalkan potensi serta perkembangan pariwisata yang ada di Kalimantan Selatan kepada Arief Yahya. Ia juga mengenalkan Program Revolusi Hijau yang dicanangkan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor.

“Gubernur Kalimantan Selatan sangat bersemangat dalam menggelorakan program Revolusi Hijau.  Menanam, menanam dan menanam untuk anak cucu kita,” tegasnya.

Arief Yahya juga diajak untuk melihat kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, sebelum melanjutkan perjalanan mengunjungi wisata penggosokan batu intan dan pasar CBS di Martapura, Kabupaten Banjar, serta Ekowisata Tahura Sultan Adam.

Kunjungan kerja Menteri Pariwisata  ini bertujuan untuk melihat perkembangan pariwisata yang ada di Banua,  serta menggelorakan Gerakan Sadar Wisata kepada masyarakat. Mulai pasar terapung hingga ke Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam dan pengolahan batu permata di Martapura.

Sebelumnya Arief Yahya juga telah melihat Pusat Pemasaran Hasil Hutan milik Dinas Kehutanan Kalsel di Jalan Gatot Subroto Banjarmasin. Galeri ini merupakan salah satu wadah pemasaran berbagai macam hasil olahan industri binaan KPH se-Kalsel. (enh/bpth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here