MERAIH ASA MELALUI USAHA KERAJINAN TANGAN DARI LIMBAH KAYU ULIN

0
34
Pengrajin limbah kayu ulin KTH Mekar Sari desa Telagasari Kec. Kelumpang Hilir Kotabaru

Kerajinan tangan yang dihasilkan dari tangan-tangan orang kreatif biasanya memiliki nilai jual yang tinggi. Selain produk yang diproduksi terbatas memang tidak banyak orang yang bisa membuat sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Industri kecil dan kerajinan rumah tangga pada hakekatnya masih bertahan dalam struktur perekonomian Indonesia. Alasan kuat yang mendasari resistensi dari keberadaan industri kecil dan kerajinan rumah tangga dalam perekonomian Indonesia yaitu, pertama: sebagian besar populasi industri kecil dan kerajinan rumah tangga berlokasi di daerah pedesaan dikaitkan dengan tenaga kerja yang semakin meningkat serta luas tanah garapan yang relatif berkurang, sehingga industri kecil merupakan alternatif jalan keluarnya. Kedua: beberapa jenis kegiatan industri kecil dan kerajinan rumah tangga banyak menggunakan bahan baku dari sumber dilingkungan terdekat, disamping tingkat upah yang murah, biaya produksi dapat juga merupakan aspek pendukung yang kuat.

Kerajinan itu sendiri merupakan hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melaluiketerampilan tangan (kerajinan tangan), kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang. Arti lain dari kerajinan adalah suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus dengan penuh semangat ketekunan, kecekatan, kegigihan, berdedikasi tinggi dan berdaya maju yang luas dalam melakukan suatu karya.

Dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa kerajinan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara terus menerus yang berkaitan dengan pengubahan bahan baku atau bahan mentah menjadi barang atau karya yang memiliki nilai jual tinggi yang biasanya dihasilkan melalui keterampilan tangan buatan tangan.

Hasil kerajinan berupa peralatan rumah tangga dari limbah kayu ulin KTH Mekar Sari desa Telagasari Kec. Kelumpang Hilir Kotabaru

Terletak di desa Telagasari Kec. Kelumpang Hilir Kotabaru, KTH Mekar Sari mulai merintis usaha kerajinan dari limbah kayu ulin ini sejak 6 bulan yang lalu.  Produk yang dihasilkan adalah berupa cobek, gelas, piring, ulek-ulek, asbak, mangkok, teko set, vas bunga, guci dll.

Produk racikan KTH Mekar Sari sendiri dijual dengan harga beragam mulai dari harga 6 ribu hingga satu juta rupiah. Tergantung tingkat kesulitan produk yang dibuat. Konsumen pun dapat memesan barang sesuai dengan desain yang diinginkan. Sedangkan untuk jenis meubel dari kayu ulin dijual dengan harga 1,5 juta hingga 4 juta rupiah.

Produk olahan barang bekas ini memang sangat biasa, namun dengan sentuhan kreativitas membuat barang ini memiliki nilai tambah. Bahkan karena itu juga yang membuat bisnisnya ini begitu banyak diminati oleh pembeli terutama yang berasal dari luar kota dari Banjarbaru dan Banjarmasin. Para pembeli melihat bukan hanya fungsi barangnya, tapi bahan yang tidak terpakai ternyata bisa diciptakan menjadi barang yang bisa berguna.

Usaha kerajinan yang di kelola KTH Mekar Asri ini butuh mendapat perhatian dari instansi pembina khususnya Dinas Kehutanan sehingga Usaha kerajinan dari sisa kayu ini bisa berkembang secara maksimal.  Diharapkan melalui pameran pameran yang diselenggarakan oleh instansi pembina, usaha kerajinan ini berharap dapat semakin menggeliat di dalam maupun di luar negeri. (Gina Yulinda, S.Hut)

Hasil kerajinan berupa meubel dari limbah kayu ulin KTH Mekar Sari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here