MONITORING REHAB DAS GENCAR DILAKSANAKAN

0
27

Tim Pengawas Rehab DAS Tahura Sultan Adam kembali melaksanakan monitoring pada lokasi IPPKH PT. Adaro Indonesia di desa Kiram, luas realisasi penanaman 321 Ha yang terdiri dari 8 blok tanam. Tingkat tumbuh tanaman P2 pada PT. Adaro Indonesia untuk areal bawah cukup bagus, tetapi untuk bagian atas perkembangannya kurang baik, hal inidikarenakan faktor tanah yang sangat berbatu sehingga pertumbuhan sangat lambat. Jenis tanaman yang mati sebagian besar adalah jenis karetyang ditanam pada areal Rehab DAS yang relatif terbuka, sehingga cuaca panas mempengaruhi kondisi tanah mengalami kekeringan. Pada tahun 2016 areal Rehab DAS PT. Adaro Indonesia telah terjadi kebakaran pada blok I seluas 40 Ha, lalu pada tahun 2018 kembali terjadi kebakaran pada Petak I dan II seluas 4 Ha.

Sementara itu upaya untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di Desa Kiram sudah dilakukan Sosialisasi dan Koordinasi Pencegahan Karhutla yang disampaikan langsung oleh Kepala Tahura SA, dalam kesempatan itu turut hadir tokoh masyarakat, kelompok tani, IPPKH dan vendor pelaksana Rehab DAS, aparat desa dan MPA Avatar.

Diharapkan dengan pengawasan yang rutin dilaksanakan, pembangunan kehutanan di Kalimantan Selatan bisa bergerak lebih cepat untuk mewujudkan revolusi hijau di banua kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here