Martapura – Kondisi cuaca di Kabupaten Banjar yang beberapa waktu ini mulai terasa cukup panas membuat semua pihak siaga akan terjadinya kebakaran hutan & lahan.

Saat kegiatan pemantauan persemaian di lokasi Persemaian KPH Kayu Tangi di Indrasari Martapura bersama dengan BPTH Dinas Kehutanan Provinsi Kal-Sel Senin (22/7) tadi, terlihat kepulan asap di lahan milik TNI,dengan sigap teman-teman yang berada di lokasi menginformasikan kepada Brigdalkarhutlah provinsi untuk segera memadamkan kebakaran tersebut.

Lokasi kebakaran berada di jl.permata jamrud, Banjarbaru Selatan, berbatasan dengan Kabupaten Banjar. Tim BKO Brigdalkarhutlah yang ditugaskan di KPH Kayu Tangi langsung dengan sigap dengan peralatan pemadam menuju lokasi.

Penyebab Kejadian masih dalam penyelidikan, dan dugaan sengaja dibakar. Adapun dampak dari kejadian tersebut kurang lebih 1000M² lahan terbakar. Setelah dilakukan inventarisasi, kerugian memang nihil namun apabila tidak dengan sigap ditangani mungkin bisa saja menjalar ke daerah pemukiman atau sarana prasarana umum di sekitar lokasi.

Penanganan pemadaman ditangani bersama-sama baik dari petugas Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan & Lahan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, BPBD kota Banjarbaru, pemadam kebakaran lokal, TRC kabupaten Banjar, BPBD Kabupaten Banjar, anggota TNI dan POLRI, warga sekitar, Kasi kebakaran hutan dan lahan, Kasi perlindungan KPH Kayu Tangi, dan TKPH yang diterjunkan langsung untuk menangani kebakaran lahan tersebut.

Diharapkan dengan adanya kejadian ini membuat semua pihak harus siap siaga dalam menangani dan mengendalikan kejadian kebakaran lahan seperti ini dengan siap siaga.(ade/kphkayutangi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here