OVER POPULASI BEKANTAN DI KBS, PEMPROV KALSEL SIAP SELAMATKAN MASKOT BANUA

0
11

Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan bergerak cepat melakukan koordinasi dengan Balai Besar KSDA Jawa Timur dan pihak Kebun Binatang Surabaya (KBS) terkait upaya pemulangan sebagian bekantan yang saat ini terindikasi telah over populasi di kebun binatang Surabaya guna menghindari hal yang tidak diinginkan akibat dari over populasi terhadap satwa maskot Kalsel tersebut.

Kepala Dinas Kehutanan Prov Kalsel, DR. Hanif Faisol Nurofiq ditempat berbeda memberikan pernyataan “sudah menjadi kewajiban kita bersama sebagai warga Banua untuk melindungi dan melakukan konservasi terhadap satwa endemik Kalsel yang juga maskot kebanggaan warga banua” ucapnya. Hanif juga menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu dalam acara Matka Nordic Travel Fair di Messukeskus Convention and Exhibition Center, Helsinki, maskot kebanggaan warga banua tersebut meraih juara ketiga pada lomba maskot internasional, yang artinya bekantan juga memiliki tempat di hati masyarakat internasional.

Bekantan yang akan dipulangkan tersebut rencananya akan dihabituasi terlebih dahulu di Tahura Sultan Adam Mandiangin sebelum dilepasliarkan ke Pulau Bekantan yang masih berada di Kawasan Tahura SA. Habituasi bertujuan untuk memulihkan kondisi bekantan setelah ditranslokasi, juga agar bekantan-bekantan tersebut merasa terikat dengan ‘rumah’ barunya.

Tindak lanjut dari upaya pemulangan bekantan tersebut, pihak KBS akan segera bersurat ke Walikota Surabaya melalui Bidang Perekonomian Pemkot Surabaya dengan tembusan Dishut Prov Kalsel untuk meminta arahan dan persetujuan translokasi. Berdasarkan arahan dan persetujuan Walikota, maka pihak KBS akan mempersiapkan kepulangan bekantan tersebut dalam rangka translokasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here