PANTAI BALAMBUS, MUTIARA YANG TERSEMBUNYI DI PULAU SEBUKU

0
42

Desa balambus terletak di Kecamatan Pulau Sebuku Kab. Kotabaru yang merupakan wilayah kerja KPH Pulau Laut sebuku.

Pada tahun 2018 melalui program perhutanan sosial, Desa balambus mengajukan permohonan Hutan Desa seluas 363 ha di kawasan hutan Lindung. Terhadap Pengajuan ini telah dilakukan verifikasi teknis dan saat ini sedang menunggu sk dari kementrian LHK.

Salah satu potensi unggulan di lokasi usulan Hutan Desa Balambus adalah pantai balambus yang secara kawasan termasuk hutan lindung, ini adalah satu-satunya pantai di kawasan hutan lindung di Provinsi Kalimantan Selatan.

Untuk menuju lokasi ini, terlebih dahulu harus menyeberang lautan karena Pulau Sebuku merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah Timur Pulau Laut. Terdapat beberapa akses menuju pulau sebuku yaitu dengan menggunakan kapal Ferry selama kurang lebih 2 jam atau speed boat selama kurang lebih 45 menit, kita akan sampai di Desa Sungai Bali. Perjalanan dilanjutkan selama kurang lebih 90 menit lewat jalur darat sehingga sampai di Desa Balambus. Untuk menuju lokasi pantai, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda 2 selama kurang lebih 30 menit dari jalan Desa.

Karena terdapat di Hutan Lindung, maka sepanjang perjalanan menuju pantai kita akan melewati hutan dengan berbagai jenis pohon seperti karet, cempedak,rambutan dan beberapa hasil hutan non kayu utamanya rotan.

Pantai balambus terletak pada koordinat 3°31’35.1″ S dan 116°24’30.8″ E. Salah satu keunikan di pantai balambus adalah terdapat sungai kecil yang sangat jernih bersumber dari hutan lindung dan  akhirnya air tersebut  bermuara ke pantai balambus, serta pasir  pantai  yang kadang terlihat berganti batu karang akibat pasang surut serta pemandangan matahari terbit yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Pengelolaan pantai balambus saat ini belum optimal, meskipun begitu banyak warga sekitar yang memanfaatkannya sebagai tempat wisata. Harapan ke depan dengan keluarnya ijin pengelolaan Hutan Desa maka pengelolaan pantai balambus akan lebih optimal dan menjadi salah satu destinasi wisata di KPH Pulau Laut Sebuku. (Rudy Rishamsyah,S.Hut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here