PARA DUBES MENANAM ULIN DI MH2T

0
5

Berlokasi di areal Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T) lingkungan perkantoran Pemprov. Kalimantan Selatan, Dinas Kehutanan bersama jajaran Pemprov. Kalsel melaksanakan penanaman pohon dalam rangka menyukseskan Hari Menanam Pohon Indonesia (17/10).

Gubernur Kalimantan Selatan bapak H. Sahbirin Noor dalam sambutannya menyampaikan, MH2T yang dibangun ini meliputi luas 90 Ha dari luas keseluruhan kawasan perkantoran Pemprov Kalsel, dilahan MH2T tersebut akan ditanami jenis-jenis endemik hutan hujan Kalimantan seperti Ulin dan Meranti, namun sebelumnya akan ditanami dengan jenis fast growing seperti sengon dan Jabon yg berfungsi sebagai tanaman penabung. Beliau menandaskan akan Pentingnya menanam pohon dalam menjaga kelestarian ekosistem dan lingkungan hidup.

Turut hadir dalam acara tersebut para duta Besar negara sahabat peserta diplomatik tur HPS ke 38, serta gubernur seluruh Indonesia.

Hadirnya para Duta Besar dan gubernur tersebut berkaitan dengan acara Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 yang berlokasi di DESA Jejangkit Kabupaten Barito Kuala yang didahului dengan kegiatan Diplomatik Tur. Direncanakan acara HPS akan dihadiri oleh Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo yang akan dilaksanakan pada esok harinya, Rabu 18 Oktober 2018.

Selanjutnya dilakukan penanaman pohon ulin secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Nomor, diikuti dengan penanaman dan adopsi pohon oleh para Duta Besar dan Gubernur seluruh Indonesia. Para Duta Besar peserta diplomatik tur sangat antusias melaksanakan penanaman pohon ulin dikarenakan mendengar penjelasan Gubernur Kalsel tentang pohon Ulin yg berkualitas tinggi namun saat ini sdh mulai langka.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pelajaran dan edukasi yang positif bagi masyarakat, bahwa pentingnya manfaat menanam pohon, serta dapat memanfaatkan lahan tidur untuk mengurangi lahan kritis di Kalimantan Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here