PATROLI HUTAN LIBAS MEDAN BERAT

0
991
Ketemu Tanaman Aneh dan Membingungkan
 
PARINGIN – Patroli rutin pengaman hutan kembali dilaksanakan KPH Balangan, Selasa (25/6) di kawasan Desa Aniungan, Kecamatan Halong.
 
Sesuai arahan Emir Faisal, Kasi Perlindungan Hutan KPH Balangan, yang juga bertindak sebagai ketua tim, patroli lebih mendahulukan pemeriksaan angkutan-angkutan umum yang melintas di perempatan tugu Kecamatan Halong. Mengingat daerah tersebut adalah jalur terpadat.
 
Karena tidak menemukan adanya pelanggaran yang berarti, tim langsung bergerak menuju Aniungan. Tim terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan kepala desa beserta perangkat desa setempat.
 
Dibantu salah satu warga yang ditunjuk kades untuk mendampingi, patroli tim tidak hanya dilakukan di jalan umum desa, namun juga menyasar ke arah dalam kawasan hutan.
 
Kondisi jalan menuju lokasi yang sudah ditarget sangat ekstrem, membuat anggota tim sempat jatuh bangun dari kendaraan roda dua yang ditunggangi. Namun hal itu justru menjadi motivasi untuk bekerja sama lebih keras lagi, guna memastikan hutan Balangan terutama di wilayah Aniungan aman dan lestari.
 
Setelah hampir setengah hari perjalanan, dan memastikan kondisi kawasan hutan tidak ada terjadi illegal logging maupun pelanggaran lainnya, tim kembali ke pusat desa.
 
Di tengah perjalanan menuju permukiman desa, tim menemukan spesies tanaman yang disebut masyarakat setempat bernama tanaman Patiti.
 
Emir, komandan tim terlihat menggaruk tangannya ke kepala. Ia terlihat bingung menyaksikan yang berbunga, sekaligus ada buahnya itu. “Tanaman ini termasuk jenis bunga atau buah-buhan ya,“ ucapnya sambil mengerutkan dahi.
 
Warga setempat yang menemani giat mengatakan bahwa mereka juga tidak mengetahui tanaman tersebut dalam bahasa akademis dan ilmiahnya, apakah termasuk buah-buahan atau bunga. Mereka hanya menyebut tanaman tersebut dengan sebutan Patiti.
 
“Kami akan berkoordinasi lagi dengan bidang pemanfaatan mengenai spesies tanaman yang membingungkan ini,” celutuk Emir.
 
Setelah sampai di rumah kepala desa, tim akhirnya berpamitan untuk kembali ke kantor KPH Balangan.
 
Dalam perjalan pulang, tim juga menyempatkan untuk untuk memeriksa aliran-aliran sungai guna memastikan tidak adanya pelanggaran di bidang kehutanan. (fanie/kphbalangan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here