PATROLI TERUS DILAKUKAN

0
10

PARINGIN – Polhut tidak punya jam kerja. Patroli pengamanan hutan bisa saja setiap hari, apalagi bila mendapat laporan adanya perambahan hutan dari masyarakat. Giat Pengamanan hutan kali ini berlokasi di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tebing Tinggi dan sekitarnya, Rabu (17/7).

Seperti biasa, hal rutin yang dilakukan dalam pengamanan hutan adalah memeriksa mobil angkutan yang melintas di perbatasan desa dan menyisir aliran sungai. Tim menemukan banyak lahan perkebunan milik warga, hampir 80 % wilayah dalam kawasan hutan di Desa Tebing Tinggi digunakan warga untuk berkebun. Rata-rata warga menggunakan lahan tersebut untuk berkebun cabai, jagung, karet, dan pepaya. Desa Tebing Tinggi juga termasuk salah satu desa penghasil cabai terbesar se Kabupaten Balangan.

Secara keseluruhan, tim tidak menemukan adanya pelanggaran di bidang Kehutanan dikarenakan wilayah dalam kawasan hutan di desa tersebut hampir seluruhnya digunakan warga untuk berkebun. Secara tidak langsung warga setempat juga pasti menjaga lahan mereka dari tindakan melawan hukum.

“Meskipun polhut rutin melakukan patroli, bukan berarti tidak ada lagi perambahan. Aktivitas itu tetap ada, tetapi minimal tindakan melanggar hukum dalam kawasan hutan, seperti pencurian kayu illegal dapat ditekan sekecil mungkin. “Untuk itu kami mengimbau kepada warga apabila ada menemukan aktivitas yang melanggar hukum, agar segera melaporkannya ke pihak terkait, terutama KPH Balangan, kata koordinator tim patroli, Muhlan. (fanie/kphbalangan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here