Bertempat di  Pelabuhan Fery Batulicin Kec. Batulicin Kab. Tanah Bumbu telah dilaksanakan penanaman mangrove oleh Ibu Tri Suswati Tito Karnavian dan Ibu Yasmin AM, Fachir dalam rangka Aksi Tanaman Mangrove  yang di laksanakan oleh Perempuan Peduli Mangrove dan Kampung Hijrah (11/03). Mengikuti Live Streaming IBU NEGARA dari Pantai Glang Kab. Banten.

Kegiatan penanaman Mangrove bersama Ibu Negara dilaksanakan meliat dari keprihatinan kondisi ekosistem  Mangrove di Indonesia yang sangat memerlukan perhatian serta uluran tangan dari kita semua, baik dari Pemerintah, TNI, Polri, Polwan dan Masyarakat.

Kegiatan penanaman  yang juga diback up Dinas Kehutanan Prov Kalsel ini mengambil tema penanaman Mangrove untuk pemulihan daerah aliran sungai atau DAS, mitigasi bencana dan perubahan iklim. Tema ini di ambil karena Indonesia memiliki ekosistem Mangrove lebih dari 23% total luas Mangrove seluruh Dunia dan ekosistem Mangrove mempunyai peran sangat penting dalam upaya iklim dan mitidasi bencana.

Kondisi saat ini luas Hutan Mangrove telah mencapai 1,81 jt Ha dari total 3,48 Ha dimana kerusakan Hutan Mangrove tersebut  berdampak pada hilangnya kemampuan menyerap 190 jt ton CO2 tiap tahun nya dan meningkatnya kerentanan terhadap abrasi serta bencana gelombang laut atau tsunami. Karena itu mangrove sangat bermanfaat bagi kehidupan manusai di antara nya adalah sebagai penyerap polutan, mencegah intrusi air laut, sarana penelitian dan pendidikan, penyimpan karbon, wisata alam, perlindungan abrasi pantai  dan lain sebagai nya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tanaman secara simbolis oleh  Ibu Tri Suswati Tito Karnavian dengan masyarakat serta foto bersama, setelah itu dilaksanakan kegiatan penanaman bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here