PEMBINAAN KTH DAN PKSM SERTA SOSIALISASI PNBP DI KPH HULU SUNGAI

0
19

Bertempat di Grand Sandaga Syariah Kandangan dilaksanakan pembinaan KTH dan PKSM, pembinaan KTH dihadiri oleh KABID PDAS RHL, Kabid PMPPS, Kasi Penyuluhan, Kasi pemberdayaan, Kasi RHL, Kasi Perbenihan, seluruh karyawan KPH Hulu Sungai, Jumlah KTH 139 dan PKSM 20 org.

Kabid PMPPS memberi paparan mengenai program pembangunan kehutanan khususnya mengenai kegiatan perhutanan sosial sesuai dgn visi misi Gubernur Kalsel yaitu menjaga kelestarian hutan/lingkungan sinergi dgn peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dgn program perhutanan sosial, RHL dan revolusi hijau.

Kabid PDAS RHL memaparkan program kehutanan khususnya mengenai program RHL yang sinergi dgn program perhutanan sosial, antara lain :
– Tanam sengon 5.000 btg/KTH, RHL 200 ha, Rehab DAS dan Revjo.
– Tahun 2019 dishut menyediakan bibit sebanyak 4.8 juta btg dan KTH dpt memohon dan mengambil bibit tsb gratis utk ditanam wilayah kelolanya.
– Prospek ekonomi tanam sengon pada umur tanaman 7 th yg dapat menghasilkan pendapatan _+ rp 160 juta per ha.

Diakhir kegiatan dilaksanakan dialog dengan KTH, dimana dalam dialog tersebut disarankan agar KTH yang sudah punya izin dari KemenLHK agar segera operasionalisasi kegiatan, bagi KTH yang belum mempunyai izin agar didampingi lebih intensif oleh penyuluh pendampingnya. Untuk KTH yang ingin tanam pohon dapat langsung minta bibit ke BPTH Banjarbaru dengan rekomendasi dari KPH HS.

Mengenai PNBP diwajibkan bagi KTH yg wilayah kerjanya di dlm kawasan hutan yg sdh menghasilkan/panen yaitu sebesar 10% dari hasil panen dgn membuat NKK terlebih dahulu dgn KPH HS. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menjadi bahan masukan pada KTH dan warga berharap hal-hal seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin, guna membimbing masyarakat dan membantu meningkatkan kesejahteraan mereka tanpa merusak hutan dan lahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here