PENDAMPINGAN UJI COBA ALAT PEMBUAT BIO MASSA DAN BIO ENERGI OLEH KPH KAYU TANGI

0
9

Perkembangan usaha menjadi sebuah prioritas yang selalu diinginkan oleh setiap pelaku UMKM, perorangan atau kelompok. Bagi siapa saja para pelaku usaha utamanya dibidang mikro, kecil dan menengah selalu berharap dan bercita-cita agar usahanya yang dimulai dari kecil bisa menjadi besar dan bisa menjadikan pemiliknya sebagai pengusaha yang sukses.

Terkait dengan kegiatan pendampingan, KPH Kayu Tangi dan Penyuluh Kehutanan RPH Pengaron melakukan pendampingan kegiatan uji coba alat pembuatan bio massa dan bio energi yang dibimbing langsung oleh bapak Marinus Kristiadi dari BP2LHK Banjarbaru yang dihadiri oleh penyuluh kehutanan, Fahutan ULM serta MPG Sukamaju bertempat di jalan Sukamaju Kelurahan Landasan Ulin Utara.

Adapun bahan baku yang digunakan adalah memanfaatkan dari limbah pertanian (berupa kangkung, kelakai,daun singkong, daun karamunting, lumut. tanaman air dll) dan limbah kayu (serbuk gergajian dan arang batok kelapa) dari sawmill disekitaran Liang Anggang. Untuk bioenergi dapat menyuplai bahan bakar kompor untuk memasak sebagai pengganti kayu bakar ataupun pengganti gas LPG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here