PERDANA, PERSEMAIAN PERMANEN DISTRIBUSIKAN BIBIT SENGON

0
40

Dalam rangka mendukung Gerakan Revolusi Hijau Kalsel melalui giat penanaman di KPH, Persemaian Permanen BPTH untuk pertama kalinya di 2019 distribusikan bibit, Selasa (12/02) untuk permintaan bibit dari KPH Tanah Laut, KPH Kayutangi dan KPH Cantung.

Diterima oleh Manager PP, Paidil, yang didampingi Staf Teknis, Aidi Sofyan, sembari berbicara seputaran revjo Paidil memberikan informasi bahwa jumlah bibit cukup tersedia.

“Ketersediaan bibit untuk mendukung giat penanaman di KPH cukup, harapannya bibit yang ditanam nantinya dapat terus tumbuh dan berkembang dengan baik,” kata Manager yang akrab disapa Mas Pay ini, saat berada di areal PP BPTH di kawasan MH2T, Perkantoran Setda Prov. Kalsel.

Paidil juga menambahkan, bahwa bibit yang didistribusikan adalah jenis sengon solomon. “Jenis ini memang dikenal handal dalam menghadapi berbagai kondisi tanah di tempat yang berbeda pada saat penanaman nantinya,” imbuhnya.

Saat ditemui di lokasi persemaian, pihak KPH Tala yang diwakili oleh Tonggung Pane, mengatakan pihaknya bermohon melalui surat No. 522/033/Linhut/2019 tanggal 10 Pebruari 2019, meminta didistribusikan bibit sebanyak 23.000 bibit dengan perincian untuk Kodim 1009 Pelaihari sebanyak 6.000 bibit, masyarakat Desa Kandangan Lama sebanyak 7.000 bibit dan masyarakat Desa Salaman sebanyak 10.000 bibit. “Saat ini kami terima sebanyak 1.100 bibit, untuk selanjutnya akan kami angkut secara bertahap dihari berikutnya”, terangnya.

Sementara itu, pada jam berbeda juga disalurkan bibit kepada KPH Cantung sebanyak 400 bibit, diterima oleh Kasi Perlindungan, Dany Prasetyo. Sedangkan dari pihak KPH Kayutangi menerima sebanyak 1.050 bibit yang diterima oleh Kasi Perlindungan, Juli Rama.

Di tempat terpisah, Ka. BPTH, Ainun Jariah ungkapkan, bibit dari PP ini digunakan untuk penuhi target penanaman KTH menanam di setiap KPH. “Kepala KPH dimohon bersurat kepada kami dan melengkapi adminstrasi sebagai syarat pengambilan bibit nantinya,” pungkasnya.(Eko Nor Hardanto, S.Hut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here