Prakondisi RHL 2020 Digelar di Empat Desa

0
4

BARABAI – Persiapan pelaksanaan kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan tahun 2020 dilakukan dengan matang. Seperti di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, sebelum pengerjaan, terlebih dahulu dilaksanakan prakondisi di 4 desa, Sabtu dan Minggu (1-2/01) lalu.

Lahan tidur dan kritis berupa ladang masyarakat, semak belukar dan ilalang seluas 429 hektare dibagi dalam 2 blok. Blok I seluas 196 hektare berada di Desa Nateh Kecamatan Batang Alai Timur, sedangkan Blok II seluas 233 hektare terdiri dari Desa Kindingan Kecamatan Hantakan seluas 89 hektare, Desa Patikalain Kecamatan Hantakan seluas 93 hektare dan Haruyan Dayak seluas 51 hektare.

Tim yang terdiri dari BPDASHL Barito dan ULM, didampingi Rusmayadi, penyuluh kehutanan KPH Hulu Sungai mendatangi tiap rumah ketua kelompok sebagai tempat berdiskusi.

Hendri Ramadani, tim dari BPDAS HL Barito mengungkapkan kedatangan mereka guna berdiskusi dan mempersiapkan kesiapan kelompok pelaksana lapangan.

“Sehingga pada pertemuan selanjutnya, dalam waktu dekat ini kita hanya akan membahas masalah pengerjaan kegiatan saja,” harapnya kepada kelompok yang hadir.

Rata – rata anggota yang hadir menyatakan kesiapannya. Bahkan berharap pengerjaan dalam waktu dekat.

“Kita harus melewati beberapa proses dulu. Dari lelang kemudian pengadaan sarana prasarana kegiatan. Kemungkinan vendor akan mulai bekerja di bulan April tahun ini,” pungkas Dani Wijayanto dari BPAS HL Barito.

Selaras dengan mereka, Rusmayadi juga menegaskan kesiapan kelompok. “Kita ikuti aturan mainnya. Sekarang prakondisi, nanti sewaktu sosialisasi mohon pihak desa mengundang aparat terkait yang ada di desa guna mendukung pengawasan terhadap pengerjaannya nanti,” ucapnya sambil menutup acara. (risna/kphhulusungai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here