PARINGIN – Desa Ajung Kecamatan Tebing Tinggi merupakan salah satu desa binaan KPH Balangan yang kemajuannya terbilang cukup pesat dalam pemanfaatan hutan. Baik itu jasa lingkungan maupun hasil hutan bukan kayu (HHBK). Tak salah jika banyak warga  dari berbagai daerah memilih desa tersebut menjadi pilihan destinasi wisata.

Minggu (3/11), Festival Budaya Rungkuk Meratus dilaksanakan selama tiga hari menyajikan berbagai macam seni budaya dan adat istiadat serta kebiasaan masyarakat desa Ajung sehari-hari.

Dalam acara tersebut,  KPH Balangan juga ikut berpatisipasi melalui program Revolusi Hijau dalam bentuk penanaman bibit buah-buahan dan tanaman penghijauan.

Penanaman bibit tersebut dilaksanakan oleh KRPH Tebing Tinggi, Kapolsek dan  Camat Tebing Tinggi, Ketua Lembaga Adat Dayak Pitap, perwakilan PT Adaro Indonesia, ketua KTH Ajung dan masyarakat setempat.

“Harapan kami,  penaman seperti ini akan terus berlanjut guna menjaga Pegunungan Meratus tetap lestari, “ Kata Nurdin, Ketua KTH Ajung.

Tim media dari Trans TV juga terlihat meliput acara festival tersebut. Tentunya akan ditayangkan di stasiun TV berbasis nasional ini. (fanie/kphbalangan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here