RIAM PAKA DAN BALUANAI YANG MEMPESONA

0
39

Berbicara mengenai air terjun di kabupaten Balangan seakan tiada pernah habisnya karena di kabupaten ini memiliki puluhan air terjun yg tersebar di dua kecamatan yaitu kec. Tebing tinggi dan Halong. Salah satunya yang menarik adalah riam Paka. Riam ini termasuk riam yang sangat panjang. Panjang riam paka secara keseluruhan sekitar 15 m.

Berada dikecamatan Tebing tinggi tepatnya di desa Kambiyain dengan perjalanan sekitar 1 jam perjalanan, riam paka sangat berpotensi dikembangkan. Jarak dari desa untuk menuju lokasi saat ini memang masih harus berjalan kaki selama 1 jam, namun Masyarakat desa ini sudah berinisiatif untuk mengembangkannya dengan cara mempermudah akses menuju lokasi dengan memperbaiki jalan dengan cor beton.

Untuk mencapai riam Paka sepanjang jalan kita akan suguhi pemandangan alam yg asri, perkebunan masyarakat gunung yg ramah, kadang kita menyebarangi sungai yg berasal dari aliran riam paka. Karena keindahan alamnya saat ini riam paka sudah mulai dikunjungi oleh wisatawan tidak hanya dari penduduk lokal Kabupaten Balangan tapi juga yang datang dari kabupaten/kota lain seperti dari banjarmasinTidak kalah indahnya pemandangan Baluanai yang berada di Desa Hauwai Kecamatan Halong,untuk mencapai kesana dari Kabupaten Balangan 1 jam menuju Kecamatan Halong kemudian Kedesa Hauwai sekitar 20 menit dilanjutkan dari Desa Hauwai 30 Menit menggunakan roda 2 jenis trail kemudian jalan kaki sekitar 30 menit. Pemandangan yang disuguhkan Baluanai adalah perbukitan yang terhampar luas di kelilingi oleh awan seperti lautan rekomendasi untuk melihat “awan lautan” hendaknnya bermalam disekitar perbukitan sambil menikmati matahari terbit dan tenggelam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here