RIBUAN SLANKER SIAP HADIRI DEKLARASI GEOPARK MERATUS

0
90

“Penetapan Geopark Meratus bertujuan melindungi keunikan geologi sekaligus mengambil manfaat lingkungan, pendidikan dan ekonomi.” Hal tersebut disampaikan Kadishut Prov Kalsel DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP pada saat membuka pers release rencana Deklarasi Geopark Meratus di ruang rapat kantor ESDM Prov Kalsel Banjarbaru (12/02).

Didampingi ketua Forum Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Pertambangan, Kadis ESDM juga menyampaikan bahwa Geopark tersebut terdiri dari 36 geosite yang seluruh lokasinya berdekatan dengan IUP, dan nantinya seluruh geosite tersebut menjadi tanggung jawab bersama para pemegang IUP.

Harapannya, agar masyarakat dilingkungan pegunungan meratus peduli serta mempersiapkan diri dengan penetapan Geopark ini, agar status Geopark Nasional tetap dapat dipertahankan.

Untuk deklarasi geopark rencananya Pemprov Kalsel akan menggandeng band papan atas SLANK dan Inka Christie yang akan dihelat pada 24 Pebruari 2019 di Kiram Park.

Koordinasi antara Pemprov dan Pokdarwis untuk sadar wisata, koordinasi bumdes, serta LSM menjadi prioritas utama dalam rencana kerja pemprov untuk tetap mempertahankan Geopark ini. Terhadap 36 geosite yang temasuk dalam Geopark tiap tahun akan terus difokuskan secara bertahap untuk dikelola guna mendapatkan hasil pengelolaan yang maksimal, untuk tahun ini yang dikelola adalah geo site kahung dan mandi angin.

Acara ini diperkirakan akan dihadiri oleh ribuan Slanker dari berbagai penjuru Banua di Kalimantan Selatan, karena pemasangan spanduk dan baliho ‘massive’ di seluruh Kabupaten Kota sesuai instruksi DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here