BANJARBARU – Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq,  baru-baru ini mengumumkan gebrakan terbaru.  Namanya Program Sedekah Biji. Berupa ajakan kepada masyarakat untuk menyumbangkan biji dan benih yang dimiliki untuk dikembangkan kembali oleh dinas kehutanan.

Saat kunjungan meninjau kesiapan Forest City, Senin (2/12) lalu, Hanif mengatakan sedekah biji ini manfaatnya nanti akan kembali ke masyarakat berupa bibit siap tanam. “Kita ketahui,  masyarakat Kalsel adalah masyarakat yang agamis. Tentunya ini akan mengetuk hati masing-masing. Sebab dengan sedekah biji ini, banua kita menjadi hijau,” tuturnya.

Program sedekah biji akan dilaksanakan segera di seluruh persemaian milik Dinas Kehutanan di tiap-tiap KPH se-Kalsel. “Kita mulai terlebih dahulu dari Persemaian Permanen milik BPTH,” tegas Hanif, seraya menambahkan momentum musim buah di awal tahun nanti sangat tepat sebagai bahan bijinya.

Kepala BPTH, Ainun Jariah menyatakan  siap menampung sedekah biji dari masyarakat. Ia mengimbau dan mengajak peran aktif masyarakat untuk menyumbangkan biji buah-buahan atau tanaman hutan lainnya.

Biji-bijian dapat berasal dari pohon buah yang tumbuh di halaman rumah, seperti mangga, rambutan, durian, kelengkeng dan lain-lain.

“Caranya, Anda bisa mengantarkan ke persemaian kami di Jalan Mitra Praja, Kompleks  Perkantoran Setda Provinsi Kalsel, Kota Banjarbaru atau ke kantor UPTD BPTH yang beralamat di Jalan Pangeran Suriansyah Ujung No 22 Kelurahan  Mentaos Banjarbaru,” terang Ainun.

Ditambahkannya, biji-bijian atau benih tersebut bisa pula dijemput langsung ke alamat donatur, dengan menghubungi Whatsapp Messenger di 081222820644 atas nama Paidil, manajer persemaian, 085348249486 atas nama Ahmad Effendi, dan 082255554768 atas nama Prayitno atau via alamat bpthdishutprovkalsel di media sosial Facebook dan Instagram.

“Sedekah biji dari masyarakat ini nantinya akan diproduksi menjadi bibit tanaman secara massal di persemaian permanen, dan akan dibagi kembali gratis ke masyarakat luas dalam rangka pelayanan masyarakat menanam,” tuturnya.

Secara umum, keutamaan sedekah sendiri dibahas pada banyak ayat Alquran dan hadis. Salah satunya di HR. Muslim, “Tidaklah sedekah itu mengurangi harta”. (aco/bpth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here