TAHURA SULTAN ADAM SIAPKAN WISATA BARU ARBORETUM

0
14

Sebanyak 823 batang dari 22 jenis bambu ditanam di kawasan Tahura Sultan Adam, Mandiangin. Hal ini dilaksanakan sebagai awal dari akan dibuatnya wista bambu di kawasan wisata Tahura Sultan Adam Mandiangin. Selain  dijadikan ekowisata, lokasi tersebut nantinya juga difungsikan sebagai Arboretum. Hal tersebut disampaikan Kadishut Prov Kalsel DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP pada saat wawancara seusai acara penanaman bambu pagi tadi (26/12).

Jenis bambu yang ditanam diantaranya wulung, petung hijau, ampel, ventricosa, sembilang, afrika, putih, petung hitam, bambu hias hijau, silang cina, kolombia berduri, balku, pagar hijau, cina gold, hamiltoni, budha, biru mini, oldhami, pagar kuning, legi, dma, dan tekstil. Diantara 22 jenis bambu tersebut, 14 diantaranya merupakan jenis endemik.

Jenis endemik yang ditanam dikawasan tersebut merupakan salah satu dari upaya Dinas Kehutanan untuk melestarikan jenis-jenis bambu yang ada di Kalimantan Selatan, namun terdapat juga beberapa jenis bambu dari negara lain yang ditanam di kawasan tersebut. Hal tersebut dilaksanakan terkait implementasi dari studi yang dilakukan Dinas Kehutanan ke negeri ‘Tirai Bambu’ bersama ULM beberapa waktu lalu untuk mempelajari pengembangan serta pembudidayaan bambu.

Penanaman bambu diyakini dapat menjadi salah satu solusi mengatasi banjir dan longsor. Selain lebih murah dibanding pembetonan, bambu mampu menghasilkan oksigen 30 persen lebih banyak dibanding tanaman lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here