TANAMAN REHAB DAS TERUS DIMONITOR

0
25

Rehab Das Prov Kalimantan Selatan

Tim pengawas Rehab DAS yang dipimpin oleh Kasi Pengelolaan DAS melaksanakan monitoring pada lokasi Rehab DAS an. PT. Adaro Indonesia sesuai lokasi SK.2646/Menlhk-PDASHL/KTA/DAS di desa Abirau pada blok ll dan blok lll yang ditanami dengan tanaman Mahoni, Karet, Durian, Nangka, Petai dan Jengkol (03/08).

Dari hasil cek lokasi dilapangan didapati kondisi tanaman cukup sehat dengan didominasi Mahoni, Angsana dan Karet dengan prosentasi hidup sekitar 50% dengan tinggi antara 50 cm s/d 200 cm. Jalur tanam sebagian besar tertutup gulma dan ilalang. Untuk pencegahan karhutla, sudah terpasang spanduk himbauan dalkarhut.

Setelah pelaksanaan monitoring, tim pengawas menyarankan untuk melakukan penyulaman pada awal musim hujan dengan jenis jengkol dan petai dengan tinggi minimal 1 meter (P2) sedangkan pada daerah bukit yang berbatu akan ditanami dengan jenis mahoni dan angsana. Kemudian melakukan penebasan dan penyemprotan herbisida pada jalur tanam minimal selebar 1 meter yang akan dimulai pada pertengahan Agustus. Selain itu, tim juga menyarankan memperbanyak plang/spanduk dalkar pada areal yang lahannya berbatasan dengan lahan kelola warga, juga melengkapi pondok jaga dengan sapras dalkar

cont:dishut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here